HOME

Senin, 07 November 2016

contoh perhitungan tebal perkerasan kaku untuk jalan 2 jalur 1 arah

Soal

Dik: Data perencanaan jalan 2 jalur 1 arah sbb
a. Data perencanaan
1. Tanah dasar dengan nilai k = 4 kg/cm3
2. Beton dengan MR = 40 kg/cm3
3. Umur rencana = 20 tahun
4. Pertumbuhan lalu lintas 5% per tahun
5. Perencanaan jalan : jalan arteri / primer bebas hambatan n/ tol

b. Data lalu lintas harian pada tahun bukaan untuk 1 jalur 1 arah

Jenis Kendaraan          Jumlah
Mobil Penumpang 2 ton          200 kendaraan
Bus 8 ton                  214 kendaraan
Truk 2 as kecil 6 ton  1428 kendaraan
Truk 3 as 20 ton          14 kendaraan
Truk gandengan 30 ton  8 kendaraan

Dari data di atas rencanakan tebal perkerasan kaku untuk 2 jalur 1 arah
Penyelesaian:

1. Menghitung JKNH ( Jumlah Kendaraan Harian Niaga)

Jenis Kendaraan         Jumlah
Mobil Penumpang 2 ton         200 kendaraan
Bus 8 ton                 214 kendaraan
Truk 2 as kecil 6 ton         1428 kendaraan
Truk 3 as 20 ton         14 kendaraan
Truk gandengan 30 ton 8 kendaraan
Jumlah JKNH                 1864 kendaraan


















JKN = 365 hari x JKNH x R
        = 365 x 1864 x 33,89
        = 23057400,4 kendaraan

2. Menghitung Jumlah Sumbu Kendaraan Niaga Harian ( JSKNH)

Jenis Kendaraan              Jumlah Jlh Sumbu Total
Bus 8 ton                     214 kendaraan 2 sumbu          428
Truk 2 as kecil 6 ton     1428 kendaraan 2 sumbu         2856
Truk 3 as 20 ton              14 kendaraan 2 sumbu           28
Truk gandengan 30 ton      8 kendaraan 4 sumbu           32
Jumlah JSKNH                                                                 3344
 
JSKN =365 hari x JSKNH x R
         = 365 x 3344 x 33,89
         = 41364778,4 kendaraan

3. Menghitung Persentase  masing – masing beban sumbu
























Repetisi Beban Sumbu = JSKN x Persentase beban sumbu x Koef. Distribusi jalur

Koef. Distribusi jalur = 2 Jalur 1 Arah = 0,70 ( tabel)
a. Beban sumbu 2 ton (STRT) = 41364778,4 x 42,7 %  x 0,70 = 12363932,26
b. Beban sumbu 3 ton (STRT) = 41364778,4 x 6,4 %  x 0,70 = 1853142,07
c. Beban sumbu 4 ton (STRG) = 41364778,4 x 42,7 % x 0,70 = 12363932,26
d. Beban sumbu 5 ton (STRG) = 41364778,4 x 6,4 % x 0,70 = 1853142,07
e. Beban sumbu 5 ton (STRT) = 41364778,4 x 0,48 %  x 0,70 =138985,66
f. Beban sumbu 6 ton (STRT) = 41364778,4 x 0,66 %  x 0,70 = 191105,28
g. Beban sumbu 14 ton (STdRG) = 41364778,4 x 0,24 %  x 0,70 = 69492,83

4. Menghitung Beban Sumbu Dengan Faktor Keamanan 1,2
a. Beban sumbu 2 ton (STRT) = 2 ton x 1,2 = 2,4 ton
b. Beban sumbu 3 ton (STRT) = 3 ton x 1,2 = 3,6 ton
c. Beban sumbu 4 ton (STRG) = 4 ton x 1,2 = 4,8 ton
d. Beban sumbu 5 ton (STRG) = 5 ton x 1,2 = 6 ton
e. Beban sumbu 5 ton (STRT) = 5 ton x 1,2 = 6 ton
f. Beban sumbu 6 ton (STRT) = 6 ton x 1,2 = 7,2 ton
g. Beban sumbu 14 ton (STdRG) =14 ton x 1,2 = 16,8 ton

5. Menghitung Tagangan Yang terjadi , di coba dengan tebal plat beton 20 cm, dengan nilai k = 4 kg/cm3, Dari nomogram di peroleh =
a. Beban sumbu  2,4 ton (STRT) = 0
b. Beban sumbu 3,6 ton (STRT) = 0
c. Beban sumbu 4,8 ton (STRG) = 0
d. Beban sumbu  6 ton (STRG) = 15,5 kg/ cm2
e. Beban sumbu   6 ton (STRT) = 0
f. Beban sumbu  7,2 ton (STRT) = 14 kg/ cm2
g. Beban sumbu  16,8 ton (STdRG ) = 17 kg/ cm2

6. Menghitung perbandingan Tegangan
MR = 40 kg/cm2



















7. Menghitung Jumlah Repetisi Izin Yang terjadi
a. Beban sumbu 2 ton (STRT) =  0
b. Beban sumbu 3 ton (STRT) =  0
c. Beban sumbu 4 ton (STRG) =  0
d. Beban sumbu 5 ton (STRG) =  0
e. Beban sumbu 5 ton (STRT) =  0
f. Beban sumbu 6 ton (STRT) =  0
g. Beban sumbu 14 ton (STdRG) = 0

8. Menghitung jumlah Persentase Fatigue
Persentase Fatigue =  ( Re petisBeban / Re petisIzin)
a. Beban sumbu 2 ton (STRT) =  0
b. Beban sumbu 3 ton (STRT) =  0
c. Beban sumbu 4 ton (STRG) =  0
d. Beban sumbu 5 ton (STRG) =  0
e. Beban sumbu 5 ton (STRT) =  0
f. Beban sumbu 6 ton (STRT) =  0
g. Beban sumbu 14 ton (STdRG) = 0

Karena total persentase fatigue 0 < 100%, maka plat 20 cm aman di gunakan.

2 komentar:

  1. om kalo pake manual perkerasan jalan hasilnya beda tidak

    BalasHapus
  2. Sore kak mau tanya, aku juga ada tugas menghitung ketebalan seperti itu. Berarti jika ketemu 0%<100% tidak apa2 ya kak? Makasih

    BalasHapus