@ sistem rute
Karena sifatnya yang tetap, baik jika ditinjau dari aspek spasial geografi maupun jika ditinjau dari waktu pelayanan, maka penumpang dengan berbagai kepentingan dapat menggunakan rute angkutan umum secara bersama-sama. Selain karakteristik perjalanan yang berbeda-beda, suatu rute angkutan umum juga harus melayani penumpang yang mempunyai karakteristik sosial-ekonomi, suatu rute angkutan umum pada dasarnya melayani dua kelompok masyarakat, yaitu kelompok choice, atau kelompok orang yang mempunyai puluhan antara menggunakan angkutan umum atau kendaraan pribadi an kelompok captive, yaitu kelompok orang-orang yang tidak mempunyai alternatif, kecuali menggunkan angkutan umum untuk kebutuhan mobilitasnya.
@ klasifikasi rute
Rute dapatdiklasifikasikan berdasarkan beberapa kritaria, sepeti: tipe pelayanan, tipe jaringan dan peran dalam jaringan.
Ditinjau dari tipe pelayanannya, rute dapat dikelompokkan menjadi empat jenis,yaitu :
• rute tetap
• rute tetap dengan deviasi tertentu
• rute dengan batasan koridor
• rute dengan deviasi penuh (demand-responsive routing)
sedangkan ditinjau dari tipe struktur jaringan dan geomatrik jaringan, rute dapat dikelompokkan menjadi lima jenis, yaitu :
• rute dengan struktur jaringan grid
• rute dengan struktur jaringan radial
• rute dengan struktur jaringan linear
• rute dengan struktur jaringan modifikasi radial
• rute dengan struktur jaringan territorial
Tidak ada komentar:
Posting Komentar