HOME

Senin, 31 Oktober 2016

JENIS PIPA, ALAT SAMBUNG DAN UKURAN PIPA PEMBUANG

 Jenis pipa dan alat sambung untuk instalasi drainase
            Jenis pipa yang dipakai pada instalasi pipa drainase yaitu pipa yang tidak mengandung korosi tinggi serperti “Fe”, banyak jenis pipa yang dijual dipasar yang memungkinkan pipa tersebut bisa digunakan untuk instalasi Drainase. untuk melengkapi instalasi pipa perlu adanya alat sambung sebagai penyambung bila ingin memperpanjang pipa ataupun untuk merobah aliran air adapun pipa yang diperbolehkan antara lain : pipa PVC, UPVC, pipa tanah tembaga, kuningan, kaca, tanah dan lain-lain.
A. Pipa PVCdan UPVC
            pipa PVC ini sangat cocok untuk pipa pembuang dimana permukaan dibagian dalam pipa sangat halus/licin sehingga aliran air mudah mengalir karena kekasaran dinding pipa halus dapat mengurangi reaksi gesekan cairan dan mempunyaiwaktu pakai yang lama karena tidak mengalami karatan.
            Tiap standart pipa dilengkapi dengan alat sambung yang sesuai keinginan pemakai, nama alat sambung dikenal seperti : soket(coupling), sweet junction, double sweet junction, bend, incrising (reduching), teejunction dan lain-lain. Cara penyambungan yang dilakukan de4ngan cara menggunakan pasta (lem), kemasan lem adadalam botol(tube) dan ada dalam kaleng.

b. Pipa Tanah
            Pipa tanah mempunyai klasifikasi yang beda dengan pipa PVC karena karakter mempunyai material yang berbeda, pipa tanah berbahan baku tanah liat yang dibentuk dengan ukuran panjang 1 m dengan diameter dari 10 sampai 50 cm. proses permbuatannya dengan dibakar pada suhu 1000 C sehingga mencapai warna merah sama halnya seperti pembakaran batu bata. Cara penyambungan pipa ini yaitu dengan cara menggunakan pasta semen(mortal) dengan komposisi campuran 1: 2 (1 semen : 2 pasir)
           


c. Pipa beton
            pipa ini bentuk fisiknya hampir sama dengan pipa tanah baik ukuran bentuk dan hanya warna saja yang berbeda yakni berwarna abu-abu seprti warna beton. Untik penyambungan pipa ini menggunakan pasta semen dengan campuran 1 : 2 (1 semen : 2 pasir)

d. pipa tembaga
            pipa tembaga di buat dalam bentuk keras. Dengan simbol untuk pipa type 259 D SAA 1567, sedangkan untuk alat sambung type 1589 sering digunakan untuk alat pembuang, umumnya digunakan untuk air panas dan dingin. Ukuran pipa ini dari ukuran diameter 5/8 inci-2 inci digunakan pada daerah yang memerlukan keindahan yang menarik berestestika tinggi. Cara penyambungan pipa ini yaitu dengan pengolesan brazi, expansif, capillarity dan frektion joint yaitu dengan menggunakan bahan tembaga dan menggunakan nyala api karborasi.

e. pipa kuningan
            pipa ini dibuat dari kuningan untuk pengaliran air dari alat soniter kepipa drainase rumah. Untuk penyambungan pipa ini tidak cocok disambung dengan cara jenis sambungan kompresi, karna sukar dilunakkan ia direnggangkan dengan alat plaring. Biasa nya penyambungan dengan cara dibaut atau di skrup dengan jenis material yang sama dengan jenis pipa.

f. pipa timah hitam
            pipa ini hanya dapat digunakan untuk mengalirkan air kotor saja karna bila digunakan untuk air bersih akan terjadi kontaminasi sehingga tidak baik untuk kesehatan. Cara penyambungan pipa ini yaitu dengan cara di las dan menggunakan baut pada sambungan nya dilapisi dengan karet isolasi agar tidak bocor.





Tabel : jenis pipa dan kemiringan pemasangannya.
No
Jenis pipa
Kemiringan
pemasangan
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
PVC
Beton
Tanah
Asbes
Besi tulang
Fibre grass
Stanlessteel
Kuningan
Tembaga
Kaca


1 : 60
1 : 40
1 : 40
1: 60
1 : 40
1 : 80
1 : 60-80
1 : 60
1 : 60
1 : 80



Tidak ada komentar:

Posting Komentar